Sabtu, 23 Juli 2011

TRIP TIPS TO EUROPE



TRIP TIPS : EUROPE, I COME

Bagi para backpacker dan traveler, keliling Eropa biasanya menjadi tujuan utama mereka terutama yang berasal dari Indonesia. Berikut ada TRIP TIPS yang akan saya berikan dari beberapa sumber yang digabungkan.

Pertama, jika anda ingin belajar dan lebih tau mengenai perjalanan atau berpetualang kunjungilah website http://www.avp.travel.ru . Website ini dibuat oleh Anton Krotov (35, Rusia). Di website ini, ia berbagi pengalamannya ke 50 negara dalam 20 tahun terakhir.

Namun, jika anda sudah berpengalaman atau biasa disebut backpacker/traveler anda bisa memanfaatkan beberapa fasilitas khusus yang disediakan oleh komunitas backpacer secara online diantaranya Couch Surfing/CS http://www.couchsurfing.org dan Hospitality Club/HC http://www.hospitalityclub.org . Kedua komunitas ini adalah komunitas non-profit dimana beranggotakan para backpacker yang menyediakan rumahnya untuk diinapi secara gratis. Anda juga sebaiknya ber-hitchhike bersama backpacker lain dari Negara yang berbeda.

Salah satu pengalaman backpacker dari Indonesia, Nancy pernah menjelajahi Eropa selama 3 bulan dengan biaya Rp9 juta tahun 2009.

Tidak ada yang tidak mungkin, pepatah tersebut bisa dibilang benar adanya. Percaya atau tidak, anda bisa menikmati Eropa selama 10-14 hari dengan biaya 10-15 juta rupiah, mengejutkan bukan? Rahasianya terletak pada tidak menggunakannya paket wisata atau agen perjalanan. Rahasia lainnya adalah dengan mencari tiket promo dengan harga yang sangat murah. Tiket promo biasanya diperoleh jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan anda, bisa 1 tahun sebelumnya atau berbulan-bulan sebelumnya. Dengan tiket promo, anda bisa pulang pergi 4-5 juta rupiah ke Paris atau Frankurt. Untuk tiket promo yang harganya Rp9juta Jakarta-Geneva bisa dibilang sudah terjamin karena maskapai penerbangan Qatar Airways yang biasa dipesan 3 bulan sebelum keberangkatan.

Masih ada cara murah lainnya yaitu dengan mempersiapkan rute perjalanan yang tepat. Terkadang harga tiket penerbangan murah bisa lebih rendah daripada Eurolines atau kereta Eurorail. Tapi jika anda tetap mau menggunakan kereta, cobalah kereta kabel ke Chamonix-Mont Blancc, Perancis. Jika anda ingin memanfaatkan penerbangan local yang murah hendaknya membuka situs : EasyJethttp://www.easyjet.com; Wizz Airhttp://www.wizzair.com; atau Ryan Airhttp://www.ryanair.com . Seperti contohnya, pesawat local Europe Easy Jet harga tiketnya Rp3,2 juta untuk berempat. Lebih murah dari TGV bukan? Anda juga bisa menyewa Euro Car Van untuk berkeliling.

Para penjelajah Eropa terkadang memiliki kendala dalam biaya penginapan juga. Tak usah khawatir, ada tipe bed and breakfast yang bisa anda cari di http://www.venere.com ada juga http://www.hostelbookers dan http://www.hostelworld.com yang terkenal karena pilihan kamarnya, private atau dormitory.

Pergantian musim juga berpengaruh terhadap hematnya biaya perjalanan. Jika anda ingin mendapatkan tiket pesawat promo 4-5 juta rupiah seperti yang sudah disebutkan, biasanya didapat musim semi atau gugur, dan kamar bisa 40-50 euro per malam.

Jangan lupa untuk menyiapkan pakaian sesuai musim. Apabila salah kostum akan malu kan? Soal pangan anda juga sebaiknya makan-makanan yang biasanya ada di sana seperti kentang, roti, tortilla, nachos, kebab, dan lainnya. Bayangkan dengan makanan Asia yang bisa bikin 10-15 euro melayang karena sulitnya rempah-rempah.

Jika anda ingin tau lebih banyak tips dari yang saya singkat disini, silahkan saja membeli buku karangan kak Astri Novia atau kak Matatita. Buku mereka populer kok, untuk karangan kak Astri judulnya : Lucky Backpacker sedangkan karangan kak Matatita berjudul : UK Trip

Nah, jika informasi sudah di tangan, tinggal menyiapkan visa, asuransi perjalanan, membeli tiket pesawat, booking hotel, mengepak koper atau ransel dan wuuuuzzzz Europe here I come!

Sumber : Kompas, Lucky Backpacker dan UK Trip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar